Assessor dalam Assessment Center

Bloggers… beberapa perusahaan skala besar yang telah memiliki kompetensi untuk setiap posisi dalam organisasinya biasanya akan menggunakan jasa assessment center dalam perencanaan career path. Assessment adalah metode yang dikembangkan dalam ilmu manajemen untuk mengetahui job analisis. banyak metode yang dapat dipakai, bisa bersifat depth interview atau dalam bahasa kita disebut wawancara terfokus, diskusi kelompok, presentasi, dan bahkan yang paling rumit yaitu 360′ (tiga ratus enampuluh derajat) atau biasa disebut three sixty.

Pelaku Assesment atau biasa disebut sebagai assessor ada yang bersertifikat ada juga yang tidak. sertifikat yang dimaksud tidak mengacu kepada disiplin ilmu seperti dalam akademi atau lulusan tingkat strata atau bahkan master, tapi lebih bersifat kelembagaan. Lembaga assessment bisa saja menerbitkan sertifikat assessor, dan tidak harus menjadi seorang psikolog atau sarjana psikologi untuk itu. (!!!!)

Benarkah??? Ya.. anda tidak harus kuliah bertahun2 untuk menjadi assessor. Satu hal yang menjadi pemikiran serius dalam ilmu psikologi dan ilmu perilaku; bahwa penentuan karakter, sikap, orientasi perilaku dalam pekerjaan, sikap, dan kepribadian, atau bahkan intelektual adalah crucial dan sangat confidential. perlu pemahaman tersendiri akan dasar teori dari beberapa founding father untuk mendalami suatu karakter. Lalu Bagaimana ilmu manajemen menyikapi ini dengan penerbitan sertifikat assessor melalui training beberapa hari??

TIPS !!
1. Jika membutuhkan assessment center carilah assessor yang psikolog.
2. Abaikan sertifikasi, karena cenderung bersifat kelembagaan, setidaknya bukan primary.
3. Dalam prakteknya assessment tetap membutuhkan report hasil psikotes untuk kelengkapannya.

semoga membantu.. cheers..

 

8 thoughts on “Assessor dalam Assessment Center

  1. Untuk Perusahaan berkembang dan juga Perusahaan yg menggunakan CBHRM (Competency Based in Human Resource Management) sbg dasar Managemen SDM sebaiknya tidak lagi menggunakan jasa Assessor coz Assessor hanya dpt melakukan asesmen secara dangkal dan keperluannya terbatas pada Proses Recruitment dan biasanya sebagai Formalitas, untuk kebutuhan Perusahaan yang lebih spt Penempatan (the right man on the right place), Training or Career Path kurang dapat terakomodir oleh Assessor.

    Jangan terpancing dengan harga yang murah namun hasilnya hanya bersifat formalitas (ga ada pun gpp) ibarat makan jgn di warteg terus dunk kan pengen juga naik kelas makan di Resto bisa naikin Image kita juga sgb individualitas ya kan…???

    Semoga Bermanfaat

  2. Btw sekedar sharing aja nih, kalo mo dpt Assessment Center yg bagus dgn harga terjangkau dan di handle oleh Profesional (Praktisi HR dan Psikolog) bisa klik disini http://www.ssantsons.com buat referensi yah….kebetulan saya kenal baik dengan yang punya, hahahaha…#numpang promosi

    • boleh tanya2 dulu ke Assessment Centernya, siapa tau bisa masuk budget kan?? coba cekidot website diatas deehh…..hehehehe

Tinggalkan balasan dengan kalimat santun

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s